11 April 2007

Tips Cari Kerja Via Internet

Banyak jalan untuk mencari pekerjaan. Termasuk lewat aplikasi lamaran yang ada di internet. Sangat mudah dan cepat, namun Anda tak boleh menyepelekannya.

1. Putuskan apakah Anda mau memasukkan lamaran lewat situs-situs resmi perusahaan yang dituju atau lewat portal forum lamaran kerja.

2. Masukkan biodata jelas Anda, latar belakang pendidikan, pengalaman kerja dan lokasi tempat tinggal ketika memasukkan lamaran. Masukkan juga angka pendapatan pasti atau yang Anda harapkan, jika memungkinkan. Masukkan informasi diri sedetil mungkin sebagai referensi.

3. Ketika memasukkan resume Anda lewat situs pencarian kerja, pastikan lamaran telah disusun dengan baik dengan format tulisan yang benar. Usahakan rapi dan enak dibaca. Perhatikan ukuran huruf dan jenis tulisan. Sebagai standar Anda bisa gunakan jenis huruf Arial, Verdana atau Times New Roman dengan ukuran berkisar 10 hingga 12. Jika diperlukan minta bantuan pada yang ahli.

4. Kirimkan pula sampul pembuka surat lamaran. Di sana Anda bisa mencantumkan bagian apa yang ingin Anda masuki dalam perusahaan tersebut. Ini akan memudahkan mereka melihat lamaran Anda. Jangan lupa kembali cantumkan alamat dan telpon Anda agar mudah dihubungi.

5. Masukkan lamaran hanya pada posisi kerja yang terbaik menurut keahlian dan pengalaman Anda. Anda bisa mencari berbagai macam kategori lamaran di beberapa situs terkenal pencari kerja. Anda bisa mendaftarkan diri di sana. Bukan hanya berbagi lowongan, namun situs ini biasanya juga memberikan tips-tips jitu dunia kerja. Tak ada ruginya bukan.

6. Setelah memasukkan lamaran, pantau terus perkembangannya. Apakah perusahaan tersebut sudah menutup posisi yang Anda incar. Biasanya jika lolos Anda akan dihubungi. Untuk memastikan apakah lamaran Anda sudah diterima, tak ada salahnya Anda menghubungi perusahaan tersebut.

7. Update lamaran Anda sesering mungkin.

Selamat mencari pekerjaan! Tetap semangat!

Sumber : Detikinet

8 Comments:

At 6:53 PM, Anonymous Anonymous said...

Semakin canggihnya dunia telekomunikasi dan informasi seharusnya menjadi alat pendukung kemudahan kehidupan kita.

Jika ditelaah lebih lanjut, situs-situs lowongan pekerjaan memberikan cara yang lebih cepat, mudah dan murah di dalam proses melamar pekerjaan.

Bila dilihat dari sisi ekonomis, coba hitung berapa biaya yang harus kita keluarkan untuk mengirimkan sebuah lamaran pekerjaan lewat post. Melalui situs lowongan pekerjaan, hanya dengan satu klik saja kita bisa melamar pekerjaan yang sedang dibuka.

Namun, kita juga tetap harus berhati-hati di dalam memilih pekerjaan yang kita lamar. Idealnya, sebagai pencari kerja, kita tidak boleh membayar biaya apapun untuk bisa bekerja. "Wong kita kerja mau cari duit, kok malah ngeluarin duit. Ndak bener kan"

Coba deh Jobkita.com. Jobkita.com hanya menayangkan lowongan pekerjaan dari perusahaan-perusahaan yang terpercaya. Selain itu, sebagai pencari kerja (istilah di dunia online recruitment: jobseeker), kita tidak akan dikenakan biaya apapun.

Jobkita.com punya contact details dan alamat yang jelas, sehingga memang menunjukkan bahwa perusahaan tersebut akan bertanggung jawab dan tidak akan 'lari' apabila terjadi masalah menyangkut Jobseeker & Employer (perusahaan).

Tapi yang sangat perlu diingat adalah, karena elektronik resume/CV yang kita masukkan di dalam situs lowongan pekerjaan adalah satu-satunya informasi yang akan diterima oleh perusahaan dalam mempertimbangkan kualifikasi kita, tentunya kita harus mengisi secara lengkap dan se-detail mungkin. Hal ini juga termasuk foto yang telah discan.

Semoga situs-situs lowongan pekerjaan ini akan dapat benar-benar memudahkan kehidupan kita, terutama untuk mendapatkan PEKERJAAN dan MASA DEPAN YANG LEBIH BAIK.

Cayoo...!

 
At 4:59 PM, Blogger jessy said...

Click www.jobkita.com to search Jobs

HI guys I left message to encourage you to register in www.jobkita.com, the Jobs advertised there, most of them are qualified. You should Try!!

 
At 4:23 PM, Blogger renata said...

Sekarang lagi marak situs online yang kasih info lowongan pekerjaan. Wah bagus juga tuh, kita jadi bisa dapat info lowongan pekerjaan terbaru dari internet. Murah meriah, euy. Tadi saya coba www.jobkita.com. Kayaknya situs itu lumayan bagus. Ada info lowongan pekerjaan terbaru dari macam-macam bidang. Coba aja kali aja you got lucky this time. ;-)

 
At 11:06 PM, Anonymous Lowongan kerja bisnis online internet gratis said...

Tapi ada juga situs pencari kerja yang asal-asalan,nah gar kita gak masuk kesana,cara ngenalin yang asal ama yang bagus punya gimana nèh?;-)

 
At 11:08 PM, Anonymous Lowongan kerja bisnis online internet gratis said...

Tapi ada juga situs pencari kerja yang asal-asalan,nah gar kita gak masuk kesana,cara ngenalin yang asal ama yang bagus punya gimana nèh?;-)

 
At 12:59 AM, Anonymous Anonymous said...

info yang mencerahkan :-)

 
At 1:04 AM, Anonymous adakerja.com said...

instan pasang info lowonon kerja only on adakerja.com

 
At 11:55 PM, Anonymous www.idjobinfo.com said...

nice info :)

 

Post a Comment

<< Home